Welcome to Fitriani Juwita's Blog

Wednesday, January 8, 2014

Video Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended

Model pembelajaran diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Jadi, sebenarnya model pembelajaran memiliki arti yang sama dengan pendekatan, strategi atau metode pembelajaran. Saat ini telah  banyak dikembangkan berbagai macam model pembelajaran, salah satunya adalah model pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended

Open-Ended is an instructional strategy that creats interest and stimulates creatives mathematical activity in the classroom through students collaborative work  (Shimada & Becker, 1997).  Model Pembelajaran Matematika dengan Open-Ended merupakan pembelajaran yang menyajikan permasalahan dengan berbagai macam cara penyelesaian. Pembelajaran ini melatih dan menumbuhkan orisinalitas ide, kreativitas, kognitifitas yang tinggi, komunikasi interaksi serta sosialisasi. Jadi siswa dituntut untuk mengembangkan ide dan kreativitasnya dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan berbagai macam cara.

Berikut ini adalah video simulasi bagaimana model pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended itu diterapkan dalam pelajaran Matematika tentang Konstruksi Luas Lingkaran dengan Pendekatan Berbagai Macam Bangun Datar.



No comments:

Post a Comment