Welcome to Fitriani Juwita's Blog

Tuesday, December 3, 2013

Kompetensi Kreativitas Matematika

 KOMPETENSI KREATIVITAS MATEMATIKA
oleh Fitriani Juwita, dkk.


A.    Landasan Teori
Menurut kamus besar bahasa Indonesia kreatif artinya memiliki daya cipta, memiliki kemampuan, untuk menciptakan atau bersifat daya cipta. Sedangkan menurut Munandar (Susanto, 2008 : 10) kreativitas itu sendiri adalah kemampuan untuk menciptakan daya cipta.
Menurut Moustaker (Lusyawati, 2007 : 15) kreativitas adalah pengalaman, mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan orang lain. Sejalan dengan pendapat Moustakes, Mulyasa (Susanto, 2008 : 11) menjelaskan kreativitas  merupakan proses berpikir dimana siswa berusaha untuk menemukan hubungan-hubungan baru, mendapat jawaban, metode, atau cara baru dalam memecahkan suatu masalah.
Bill Moyers (Lusyawati, 2007 : 16) menyatakan kreativitas adalah menemukan hal-hal diluar biasa dibalik hal-hal yang nampak biasa dengan kata lain bahwa kreatif mampu menemukan solusi yang baru dan bermanfaat.
Jadi, dari beberapa pendapat di atas dapat kita simpulkan bahwa kreativitas  adalah  adanya persamaan dalam mengartikan kreativitas sebagai kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun produk nyata yang relatif dengan  apa  yang  ada sebelumnya.
Kompetensi Kreativitas Matematika adalah kemampuan siswa untuk dapat menciptakan suatu (ide, gagasan, cara, metode, proses, produk) yang baru dan inovatif.
Tahapan proses kreativitas adalah persiapan (ide datang dalam berbagai kemungkinan), inkubasi (pemahaman, kematangan terhadap ide), iluminasi (tingkat inspirasi dikelola dan dikembangkan sehingga menjadi suatu hasil), dan verifikasi (perbaikan dan penyempurnaan).
B.    Indikator Kreativitas Matematika
Indikator Kreativitas Matematika adalah sebagai berikut :
1.     Kritis
2.     Logis
3.     Analitis
4.     Detail
5.     Sistematik
6.     Fleksibel
- Dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda.
- Menghasilkan gagasan, jawaban atau pertanyaan yang bervariasi.
- Mencari banyak alternatif atau arah yang berbeda-beda.
- Mampu mengubah cara pendekatan atau pemikiran.
7.     Orisinal
-Mampu melahirkan ungkapan yang baru dan unik.
8.     Elaborasi
- Menambahkan atau memperinci detail-detail dari suatu objek, gagasan
9.     Terbuka-divergen

C.    Kisi-kisi Instrumen Tes Kompetensi Kreativitas Matematika
Satuan Pendidikan           : Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester               : VIII/Genap
Pokok Bahasan/Materi    : Bangun Ruang
Standar Kompetensi        : Memecahkan masalah berkaitan dengan bangun ruang







Sumber Rujukan:
Zeliska, Selvy., Fitriana., Yulianti., &Puspita, Mega. INSTRUMEN EVALUASI MATEMATIKA BERDASARKAN KOMPETENSI KREATIVITAS.ppt
http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/197703062006042-TIA_PURNIATI/perkuliahan_6_eval_pemb_mat.pdf



No comments:

Post a Comment