A. Landasan Teori
Menurut kamus besar bahasa Indonesia kreatif
artinya memiliki daya cipta, memiliki kemampuan, untuk menciptakan atau
bersifat daya cipta. Sedangkan menurut Munandar (Susanto, 2008 : 10) kreativitas
itu sendiri adalah kemampuan untuk menciptakan daya cipta.
Menurut Moustaker (Lusyawati, 2007 : 15) kreativitas
adalah pengalaman, mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu
dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan orang
lain. Sejalan dengan pendapat Moustakes, Mulyasa (Susanto, 2008 : 11)
menjelaskan kreativitas merupakan proses
berpikir dimana siswa berusaha untuk menemukan hubungan-hubungan baru, mendapat
jawaban, metode, atau cara baru dalam memecahkan suatu masalah.
Bill Moyers (Lusyawati, 2007 : 16) menyatakan
kreativitas adalah menemukan hal-hal diluar biasa dibalik hal-hal yang nampak
biasa dengan kata lain bahwa kreatif mampu menemukan solusi yang baru dan
bermanfaat.
Jadi, dari beberapa pendapat di atas dapat kita
simpulkan bahwa kreativitas adalah adanya persamaan dalam mengartikan kreativitas
sebagai kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa
gagasan maupun produk nyata yang relatif dengan
apa yang ada sebelumnya.
Kompetensi Kreativitas Matematika adalah kemampuan
siswa untuk dapat menciptakan suatu (ide, gagasan, cara, metode, proses,
produk) yang baru dan inovatif.
Tahapan
proses kreativitas adalah persiapan (ide datang dalam berbagai kemungkinan),
inkubasi (pemahaman, kematangan terhadap ide), iluminasi (tingkat inspirasi
dikelola dan dikembangkan sehingga menjadi suatu hasil), dan verifikasi
(perbaikan dan penyempurnaan).
B. Indikator Kreativitas Matematika
Indikator Kreativitas Matematika adalah sebagai
berikut :
1. Kritis
2. Logis
3. Analitis
4. Detail
5. Sistematik
6. Fleksibel
- Dapat melihat suatu
masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda.
- Menghasilkan
gagasan, jawaban atau pertanyaan yang bervariasi.
- Mencari banyak
alternatif atau arah yang berbeda-beda.
- Mampu mengubah cara
pendekatan atau pemikiran.
7. Orisinal
-Mampu melahirkan
ungkapan yang baru dan unik.
8. Elaborasi
- Menambahkan atau
memperinci detail-detail dari suatu objek, gagasan
9. Terbuka-divergen
C. Kisi-kisi Instrumen Tes Kompetensi Kreativitas
Matematika
Satuan Pendidikan
: Sekolah Menengah Pertama
Kelas/Semester
: VIII/Genap
Pokok Bahasan/Materi : Bangun Ruang
Standar Kompetensi
: Memecahkan masalah berkaitan dengan bangun ruang
Sumber Rujukan:
Zeliska, Selvy., Fitriana., Yulianti.,
&Puspita, Mega. INSTRUMEN EVALUASI
MATEMATIKA BERDASARKAN KOMPETENSI KREATIVITAS.ppt
http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._MATEMATIKA/197703062006042-TIA_PURNIATI/perkuliahan_6_eval_pemb_mat.pdf
No comments:
Post a Comment